Fungsi RAM Dalam Sebuah Komputer Laptop

Kamis, 21 Juli 2016

Fungsi RAM Dalam Sebuah Komputer/Laptop
Tentu anda sudah pernah mendengar istilah RAM komputer atau memori komputer. Didalam sebuah komputer, ada beberapa komponen hardware yang sangat penting. Orang sering menyebut hardware dengan perangkat keras, artinya sama saja. Tidak semua komputer memiliki performa yang sama. Ada yang cepat dan ada pula yang kurang cepat bahkan terbilang lambat. Cepat disini adalah kinerjanya. Cepat atau tidaknya tergantung komponen penyusun dari komputer tersebut.

RAM adalah singkatan dari Random Acces Memory. Seiring perkembangan jaman dan perkembangan teknologi, RAM juga mengalami perkembangan dan peningkatan, baik itu peningkatan kapasitas maupun performanya. Semakin besar memory, maka akan semakin bagus dan cepat pula performa komputer anda. Bagi anda yang masih awam dengan apa fungsi dari RAM, pada kesempatan kali ini kami ingin sedikit berbagi kepada anda mengenai hal ini.

fungsi ram
Fungsi dari RAM dalam sebuah komputer adalah sebagai sebuah perangkat atau media yang mempunyai fungsi untuk menyimpan data sementara pada sebuah komputer. Jadi, memori ini memang difungsikan untuk menyimpan data sementara agar ketika komputer sedang bekerja, komputer tidak perlu mengakses terus menerus ke hardisk ketika mengolah data dan mencari data. Nah, inilah alasannya mengapa ketika kapasitas memory semakin besar, maka kinerja komputer akan menjadi lebih cepat.

Memory dengan ukuran kapasitas 1 GB dan 512 MB akan mempunyai dampak yang berbeda jika dipasang dalam sebuah komputer. Sudah jelas RAM 1GB akan memberikan kinerja yang lebih cepat bila dibandingkan dengan RAM ukuran 512 MB. Biasanya, para gamers khususnya game-game komputer, biasanya akan membangun sebuah komputer dengan spesifikasi yang gila-gilaan. Mereka berani menghabiskan biaya yang besar dalam merakit komputer mereka. Sudah pasti komputer yang digunakan untuk bermain game besar dan berat akan membutuhkan memory yang besar juga. Begitu juga untuk pekerjaan-pekerjaan berat lainnya selain untuk bermain game, maka RAM yang besar pun akan dibutuhkan.

Nah, itulah sedikit ulasan ringan dan singkat mengenai fungsi RAM dalam sebuah komputer tersebut. Bagaimana dengan komputer anda? apakah anda sudah mempunyai memory yang besar dan paling update? Baca juga yang ini ya,  cara merawat mouse komputer agar awet. Sukses selalu untuk anda.

Related Posts by Categories

0 komentar:

Posting Komentar