Belajar Merawat Komputer bag2

Minggu, 21 Februari 2016

alt="belajar merawat komputer bag2"

ref#17

Merawat Komputer merupakan cara yang sering digunakan oleh kebanyakan orang untuk meminimalisir kerusakan yang terjadi pada komputer terutama pada bagian hardware. Sebab, hardware merupakan perangkat yang sangat berpengaruh terhadap komputer anda. Selain hardware, perawatan rutin yang harus lebih sering kita lakukan adalah Software maintenance. Mengapa? Karena dengan melakukan perwatan Software secara rutin, maka seluruh program yang ada di
komputer kita dapat bekerja dengan baik dan meningkatkan performa PC pada umumnya, selain itu perwatan Software ini cenderung lebih mudah dan kita tidak harus berkotor-kotor ria karena debu dan sebagainya. 
Berikut hal-hal yang bisa kita lakukan
Disk Cleanup
Hal ini paling mudah kita lakukan, dengan melakukan disk cleanup space harddisk kita akan terpakai secara optimal, juga membersihkan file-file yang tidak berguna. Caranya adalah (Pada Windows OS) dengan klik My Computer>pilih salah satu drive>klik kanan>Properties>Disk cleanup atau Start>Programs>Accessories>System Tools>Disk cleanup.
Ricyle Bin secara bersih. Sebenarnya file/forder yang anda hapus tidak langsung hilangdari hardisk karna akan di tampung dahulu di rycle bin ,namun ada beberapa jenis settingan yang bisa anda gunakan antara lain: memberikan peringatan menghapus, lalu hapus di tempat sementara atau hapus permanen untuk settingan yg di hapus ,lalu simpan di tempat penampungan ini dengan maksud agar suatu saat apabila masih di butuhkan dapat mengembalikan lagi.Rycle Bin yang sudah banyak juga akan menyita ruang hardsik yang dapat menyebabkan pembacaan hardisk menjadi lelet. Caranya jalankan windows explorer>klik rycle bin >klik file >klik empty rycle bin

Disk Defragment.
Fragmentasi terjadi ketika sistem operasi memisahkan file-file ke dalam beberapa bagian karena tidak cukupnya space harddisk yang tersedia di lokasi dimana file tersebut tersimpan. Kemudian sistem akan terus mengingat pola bagaimana menyimpan file tersebut.
Yang menjadi masalah, ketika sistem operasi memanggil file sistem (FAT/NTFS) ternyata lokasi tersebut sudah digunakan oleh file temporary lainnya, ini akan berakibat sistem operasi yang bereaksi tidak sewajarnya akibat salahpaham tersebut.
Untuk itulah, perlu di lakukan disk defragment secara berkala dengan tujuan agar sistem operasi menata ulang file dan tempat semestinya mereka berada. Untuk melakukan defragment dilakukan dengan cara:
Klik Start Menu>Programs>Accessories>System Tools>Disk Defragment atau My Computer, pilih salah satu drive dan lanjutkan dengan klik kanan, Properties>Tools>Defragment.

Hapus program dan file yang sudah tidak digunakan lagi.
Untuk menghapus program yang sudah tidak digunakan dengan cara Start Menu>Setting>Control Panel> Add/Remove Programs.
Update antivirus
Apabila komputer kita terkoneksi dengan internet, kita patut untuk selalu meng-update antivirus kita dengan update terbaru, Karen setiap hari beragam jenis virus terus bermunculan, sehingga perlu dilakukan update antivirus agar sistem komputer kita tidak mudah terserang virus.

Menggunakan Utility Software
Selain menggunakan utilty bawaan sistem operasi Windows, kita juga dapat menggunakan utility Software seperti system mechanic, cc cleaner, registry cleaner, dan lain-lain untuk meningkatkan kinerja komputer kita.

Related Posts by Categories

0 komentar:

Posting Komentar